Searching...
07/12/11
11.10

Kisah Gua di Bedah Kampus UI

Kemarin dua hari berturut-turut gua menjadi pengisi stand jurusan Matematika di Bedah Kampus UI, sebuah acara yang mungkin ditunggu-tunggu oleh anak SMA se-Jabodetabek. Emang Bedah Kampus UI itu apaan ya ? terus acaranya dimana ? dan pentingnya buat anak SMA emang apa ?

Yah,sesuai dengan namanya bedah kampus, berarti acara ini merupakan suatu kegiatan yang tujuan utamanya adalah mengeksplorasi dan memberikan informasi yang seluas-luasnya tentang kampus UI. Mulai dari kehidupan kampus hingga bagaimana cara belajar di UI, semuanya disajikan baik dalam bentuk talkshow, stand jurusan atau yang lainnya.
 

 Bila kita lihat dari tujuan acaranya sendiri memang kegiatan ini memiliki banyak manfaat bagi anak SMA, mereka mendapatkan info-info yang bisa digunakan untuk menentukan masa depan mereka selanjutnya. Apalagi bagi mereka yang ingin masuk UI, pasti acara ini sangat bermanfaat bagi mereka.
Bedah Kampus kali ini diadakan di tempat yang sama seperti tahun sebelumnya, yakni di Balairung UI. Suatu tempat dimana setiap tahunnya menjadi saksi bisu silih berganti masuk dan keluarnya mahasiswa UI. Bangunan terluas di kampus UI ini, memiliki kapasitas tribun sebanyak 2500 kursi dan luas parkiran sekitar 10000 meter persegi. Dengan fasilitas yang dimiliki maka tak heran bila Balairung selalu dijadikan tempat untuk acara-acara besar dan salah satunya adalah Bedah Kampus UI.

Selain itu, di Bedah Kampus juga terdapat acara hiburannya. Salah satu artistnya adalah Endah & Resha, my favorite singer meskipun capek tapi gak masalah bagi gua karena bisa menonton aksi panggungnya gratis hehe..

Oke, di atas sudah gua jelasin tentang apa itu Bedah Kampus UI. Sekarang gua akan berbagi pengalaman ketika menjadi pengisi stand jurusan matematika di acara tersebut.

Hari pertama, saat itu tepat hari Sabtu tanggal 3 Desember 2011. Pada hari ini gua tidak mengisi stand sehari penuh, kali ini gua hanya mengisi stand dari jam satu siang hingga selesai. Meskipun hanya setengah hari tapi pengalaman yang paling seru adalah hari ini.

Ketika gua baru datang suasana stand jurusan saat itu ternyata sepi, tidak terlalu ramai dan kebetulan saat itu ada jatah makan siangnya. Akhirnya dengan senang hati gua menghabisi jatah tersebut sambil menunggu stand jurusan ramai kembali. Oke, lama-kelamaan akhirnya stand jurusan menjadi ramai dan penuh dengan anak SMA. Sebenarnya pertanyaan mereka semua mirip cuman orangnya saja yang berbeda, pertanyaan yang dilontarkan tidak jauh dari Bagaimana belajar di Matematika UI ? Apa saja prospek kerja di Matematika UI ? Biaya kuliah di UI ? dan Di Matematika UI itu ada apa saja ?, yah karena gua sudah lima semester di departemen ini akhirnya gua bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh mereka.

Dari sekian banyak anak SMA yang bertanya ke gua, ada satu anak SMA yang bertanya dengan gua kira-kira hampir satu jam. Pertanyaan yang diajukan mulai dari yang standar seperti di atas hingga pertanyaan curhat seperti organisasi di kampus, pembagian waktu seorang mahasiswa, prestasi kuliah dan ujungnya tentang masalah pacaran ketika kuliah.

Sebenarnya sih gua tidak masalah dengan hal itu, karena memang itu tugas pengisi stand jurusan. Mungkin yang bermasalah adalah teman-teman si anak SMA ini, dia datang ke stand dengan tiga temannya. Satu temannya setia menemani dia bertanya ke gua sampai selesai, tapi dua teman lainnya tampaknya sudah bete berada di stand. Mereka mulai dari berdiri, duduk, hingga berdiri lagi, namun proses tanya-jawab gua belum selesai. Sampai akhirnya mereka berdua pergi meninggalkan temannya si anak SMA yang masih bertanya ke gua.

Ya, ini adalah salah satu pengalaman lucu yang gua dapat. Selain itu, sebenarnya ada juga pengalaman ketika gua melihat maskot acara bedah kampus ini yang bernama dampus. Gua yakin dia adalah mahasiswa, tapi karena dia adalah maskot mau gak mau dia harus memakai cosplay seperti pasukan spartan pada film 300. Dengan cosplay tersebut dia berkeliling balairung sambil berteriak "Shoot Your Aim", dan hal ini yang membuat gua ketawa. Bayangkan saja, misalkan gua tanya siapa nama lu ? dia jawab "Shoot Your Aim", rumah lu dimana ? dia jawab "Shoot Your Aim", dan coba lu bayangin betapa menderitanya dia saat itu. Namun, tetap gua acungin jempol untuk dampus karena totalitas dalam menjalankan perannya di bedah kampus kali ini.

Kemudian hari ke dua, yakni Minggu 4 Desember 2011. Kali ini gua mengikuti acaranya dari pagi sampai selesai, dimulai dari jam sembilan pagi sampai jam lima sore gua berada di Balairung. Hari ini tidak seramai hari sebelumnya, karena jumlah siswa SMA yang mengunjungi stand tidak terlalu banyak dan bisa dibilang hari ini lebih santai dibandingkan kemarin.

Selain pengalaman kocak yang gua dapat, namun ada juga pengalaman baik yang gua peroleh di acara ini. Setelah acara selesai, gua berpikir ternyata anak SMA untuk masuk UI itu tidak mudah, butuh perjuangan yang keras agar bisa menjadi bagian dari civitas akademik di kampus UI. Saat itu juga, gua mulai bernostalgia dengan kenangan-kenagan ketika gua berjuang agar bisa kuliah di kampus ini. Mulai dari proses belajarnya, pembagian waktu gua, ujiannya, sampai saat gua ke warnet untuk melihat pengumunan dan semuanya itu langsung terlintas kembali di kepala gua. Ternyata perjuangan gua sangat keras juga sih, dan gua seharusnya bisa memanfaatkan peluang ketika gua sudah masuk di kampus ini.

Ini adalah bedah kampus UI pertama yang gua ikuti, sebenarnya masih banyak lagi pengalaman yang gua dapat di sini. Mungkin lain waktu bisa gua share dalam catatan-catatan biasa selanjutnya, karena bagi gua pengalaman adalah guru terbaik dalam menjalankan kehidupan dan tidak salah kalau kita saling berbagi pengalaman.

Bagi anak SMA yang ingin kuliah di UI, saran gua kalian harus kerja keras dalam belajar, manfaatkan waktu yang kalian punya dan jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan karena kita manusia hanya bisa berusaha dan hasil akhirnya ditentukan oleh Sang Pencipta. Oh iya satu lagi, pokoknya kalo lu mau masuk UI jangan takut untuk masalah biaya, kalian mau anak orang miskin atau orang kaya semuanya bisa kuliah di UI yang penting kalian tunjukkan kemampuan kalian karena UI adalah kampus untuk semua rakyat.

Semangat Buat Kita Semua !!

5 comments:

  1. Bang, itu yang nyelenggarain dari UI(BEM)nya langsung apa dari Per- fakultas??? tapi nice info nih thnks yo, visit dong www.ipb.ac.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acaranya yang mengelola dari BEM UI langsung dan panitia yang dibuat oleh BEM UI meminta perwakilan setiap himpunan mahasiswa departemen di UI untuk mengisi stand jurusannya masing-masing..

      Iya sama2, semoga bermanfaat (o)

      Hapus
  2. wait me next year FEUI 2014 :-d

    BalasHapus
  3. Bang pas kelas 12 ikut les tambahan di luar ga buat persiapan masuk ui ?/ terimakasih bang

    BalasHapus

 
Back to top!