Searching...
30/12/11
14.56

Kesan Sebagai Sekretaris Umum..

HMD ibarat sebuah rumah, dimana di dalamnya terdapat ruangan-ruangan yang saling terpisah oleh tembok penghalang. Namun, dengan orang-orang hebat tembok penghalang tersebut bukanlah menjadi penghambat melainkan menjadi nilai tambah untuk membangun rumah tersebut menjadi lebih dinamis dan harmonis.

SEKUM, adalah sebuah singkatan dari Sekretaris Umum. Salah satu penghuni dari rumah tersebut. Tujuannya sama dengan penghuni lain yakni membangun rumah HMD dengan tembok yang dia bawa sendiri. Tak dapat dipungkiri, setiap orang memiliki sifat masing-masing, mungkin ada yang mirip tapi tak sama persis. Dengan keberagaman tersebut HMD dibangun dan akhirnya tercipta suatu kebersamaan yang selalu terkenang sampai usia kita senja nanti.

Bila kita lihat tugas seorang SEKUM, tampaknya tidak terlalu sulit. Jika anda mengerti Ms. Office dengan baik dan mengetahui seluk-beluk tentang pembuatan laporan mungkin anda sudah pantas menjadi seorang SEKUM. Tapi, bukan itu syarat mutlak seorang SEKUM, Ms. Office, tata cara pembuatan laporan, EAT, EPT, AD/ART dan lain-lainnya semua orang bisa mempelajari, itu mudah bila orang tersebut benar-benar ingin belajar.

Lho kok bisa gitu ? Memang SEKUM siapa sih ?

Yah, memang seperti itu adanya. Anda mahasiswa dan begitu pula saya, jika anda ingin belajar, saya siap membantu dan saya jamin dengan keseriusan dan rasa ingin belajar yang kuat maka tidak lama anda akan menguasai hal tersebut.

Lalu siapa SEKUM ?
Dia hanyalah sebuah jabatan di HMD yang diamanahkan kepada seorang mahasiswa. Selain itu, secara hierarki kepengurusan, seorang SEKUM juga membawahi dua biro yakni Biro Relasi dan Biro Secretariat sehingga secara langsung dia juga bertanggungjawab dengan kedua biro tersebut.

Hanya itu saja ?
Tentu tidak, itu hanya sebuah sistem dalam kepengurusan di HMD. Tugas utama seorang SEKUM adalah menciptakan suasana kondusif dalam kepengurusan HMD dan mampu menjadi “sahabat” bagi ketua dalam menjalankan roda organisasi ini.

Bagaimana caranya agar HMD menjadi “rumah “ bagi pengurusnya ?
Bagaimana caranya membantu ketua untuk menjalankan roda organisasi di HMD ?
Bagaimana caranya agar semangat setiap pengurus tetap terjaga sehingga setiap kegiatan HMD dapat berjalan dengan baik ?
Bagaimana caranya membantu pengurus lain dalam menjalankan program kerja masing-masing ?

Pertanyaan-pertanyaan tersebutlah yang harus bisa dijawab bila anda ingin merasakan nikmatnya menjadi seorang SEKUM, dan setiap orang memiliki jiwa dan gaya masing-masing dalam menjawab pertanyaan di atas.

SEKUM bukanlah sebuah jabatan yang pantas dibanggakan, karena seharusnya banggalah kalian telah memilih untuk berkontribusi dalam HMD, berbanggalah kalian telah saling membantu teman kalian, berbanggalah kalian telah peduli dengan lingkungan sekitar kalian dan sangat banggalah kalian ketika mampu membuat orang lain tersenyum bahagia karena kita adalah satu keluarga besar yakni KELUARGA HMD MATEMATIKA UI 2011.

Mari Nikmati dan Resapi Kebersamaan
“Prestasi Satu Hati Untuk Negeri” di HMD MATEMATIKA UI 2011

Sekretaris Umum HMD Matematika UI 2011
Danang Dwi Kurniawan



Struktur HMD Matematika UI 2011

0 comments:

Posting Komentar

 
Back to top!