Searching...
22/06/11
11.11

Gua Bingung Mesti Bangga atau Sedih


Sebenarnya gua cuman mau berbagi quotes keren nih dari Albert Einstein yang gua baca dari sebuah buku, dia pernah bilang kayak gini The man with the greatest soul will always face the greatest war with the low minded persons.. yang kalo gak salah sih artinya orang-orang berjiwa besar akan selalu menghadapi perang besar dengan orang-orang yang berpikiran rendah atau pendek. Entah kenapa dari quotes ini pikiran gua jadi kemana-mana dan akhirnya gua bikin tulisan ini yang intinya semakin membuat gua bingung mesti bangga atau sedih sama bangsa gua sendiri.


Gua lahir di atas tanah ini, gua minum dari air tanah ini,
Gak ada yang ngalahin keajaiban bangsa gua..

Semua makanannya enak, mulai dari ujung barat sampe ujung timur,
Bangsa gua adalah bangsa yang besar, terluas se-kawasan ASEAN,
Budayanya banyak banget, bahasanya apalagi, susah kalo diitung cuman pake jari..

Lo bosen di kota tinggal jalan aja dikit menuju daerah pedesaan,
Pemandangannya ijo banget, udaranya seger dan bisa bikin hari lu jadi beda,
Cuman modal goban buat naik kereta ekonomi, lu bisa dapetin semuanya..

Orang-orangnya banyak yang bilang ramah, baik, pokoknya sifat terpuji deh, lo bisa ngeliat di sini tuh orangnya macem-macem, mulai dari yang aneh sampe ajaib semuanya ada,
Orang-orang pinter juga banyak kok, buktinya kita banyak yang jadi professor dan siswanya biasa menangin medali pas ada olimpiade ilmu pengetahuan gitu deh..

Tanah bangsa gua subur banget, sampe ada band yang ngomong kalo tongkat, kayu dan batu bisa jadi tanaman, ikannya banyak gara-gara di peta banyak warna birunya dibanding warna daratan, kekayaan alam melimpah juga, entah kenapa Tuhan tuh baik banget sama bangsa gua ini..

Tapi kenapa semuanya rasanya beda banget, kalo gua liat pake kaca pembesar atau semacamnya gitu..

Ternyata gua lahir di atas tanah yang udah tercemar parah,
Ternyata gua minum air dari hasil saringan yang banyak banget gara-gara dekil dan kumel sumbernya,
Gua jadi bingung ini ajaib atau musibah ??

Emang semua makanannya enak, tapi gak semua orang bisa makan gituan, emang ini zaman Majapahit apa ya ? cuman golongan bangsawan dan raja-raja yang bisa makan enak dan yang lainnya makan seadaanya, kalo diliat di peta sih emang bangsa gua paling gede wilayahnya tapi gak semua terjangkau sampe-sampe orang perbatasan banyak yang bingung sama pancasila dan semacamnya yang sebenarnya dianggap sebagai dasar negara, budayanya melimpah ruah di sini, tapi kok budayawannya juga banyak melimpah ruah dengan kemiskinan dan ini sekali lagi susah kalo diitung cuman pake jari..

Gua kadang-kadang males sih sama keadaan di kota ada namaya macet, polusi, banjir dan hal gak enak yang lainnya, terus pengen sih ke daerah kemana gitu liat pemandangan yang beda, yah angkutan yang pas sama kantong cuman kereta ekonomi dan di angkutan ini gua belajar banyak kalo bahasa kerennya sih filosofi kehidupan gitu, tau bener atau gak tuh bahasa, gua dapet pelajaran tentang indahnya berbagi, sebenarnya sih sepele cuman tempat duduk, gua duduk dengan bangku kapasitas empat penumpang tapi di tengah jalan mesti berbagi hingga lima atau enam orang selama berjam-jam perjalanan, cuman gara-gara nomor tiket kita sama, gak tau siapa yang salah sistemnya atau orangnya, untung pemandangan di luar lumayan asik, dataran yang ijo jarang gua liat di kota, tapi lagi-lagi ada masalah gak semua kaca keadaannya layak sehingga gambarnya burem-burem gimana gitu..

Orang-orang bangsa gua emang sih baik, tapi.. ehm kenapa pake tapi nih ?? misalkan tapinya kalo mau naik jabatan, kalo ada pelicinnya, kalo ada maksud dan tujuan yang saling mengenakan dan bla-bla-bla yang akhirnya kayak pepatah ada udang di balik bakwan deh hehe.. dan emang bener kalo orang disini tuh ajaib-ajaib, faktanya masih banyak anak muda yang tahan nganggur gara-gara susah cari kerjaan, anak kecil yang anggap jalanan sebagai tempat main padahal gak sadar kalo lagi diperdayakan, takut sakit gara-gara gak punya duit buat berobat, soalnya ada berita tentang seorang pengemis yang kehilangan anaknya gara-gara susah buat berobat di rumah sakit pokoknya kita meski jangan sakit parah deh kalo gak pilihannya cuman dua tahan tuh sakit sampai jumpalitan atau dipanggil sama Sang Pencipta beuh seremnya hidup ini, terus jangan salah loh bangsa gua juga banyak orang pinternya bukan dukun atau teman-temannya nih tapi profresor-profesor yang dah punya banyak gelar di namanya namun ada dua masalah buat orang pinter ini. Pertama, orang pinter yang saking kepinteran akhirnya keblinger terus bego-begoin orang lain buat muasin nafsunya semata, sama susah banget buat jadi orang pinter, gimana gak susah emang banyak rakyat punya duit berjuta-juta buat kuliah atau bahkan berpuluh-puluh juta cuman buat masuk perguruan tinggi ternama, beuh apakah ini namanya pemerataan pendidikan di bangsa gua ??

Sekarang kita bahas kesuburan nih, tapi buat tanah coy hehe.. bener banget kalo lo bilang bangsa gua tanahnya subur abis, misalkan gua bandingkan sama bangsa-bangsa di timur tengah atau afrika yang kebanyakan gurun mestinya gua bersyukur sama nih keadaan. Zamrud khatulistiwa jadi salah satu gelar buat bangsa gua, kalo lu liat dari atas tuh kebanyakan daratannya ijo-ijo keren gitu, namun makin kesini kok warnanya berubah ya jadi coklat-coklat gak karuan gitu, bahkan kadang-kadang bergerak tuh daratan nyapu semua yang dilewatinnya. Sebenarnya yang bego siapa sih nih ?? dah dikasih anugerah bukannya bersyukur malah ngelunjak parah akhirnya nasib jelek berdatangan kayak tamu yang gak diundang gitu. Terus kita ke laut nih, beuh hampir 2/3 wilayah bangsa gua laut coy, bayangin tuh gimana gedenya lautnya dan tau kan lo kalo di laut ada apa ?? yo’i bener banget lo ada ikan di situ,  logikanya sih banyak laut berarti banyak ikannya tapi bangsa gua kayaknya bener-bener gak bisa bersyukur dah laut malah dicemari terus ikan ditangkap gak pake otak lagi pake bom lah, atau jaring-jaring gede yang sebenarnya tuh ngerusak laut sendiri, padahal kalo laut rusak mana ada ikan yang hidup di dalamnya ckckck.. kalo disambung sama kekayaan alam kayaknya sama aja dah, banyak tapi gak ada rasanya jadi sebenarnya Tuhan memberikan bangsa gua ini anugerah yang tiada tara, tapi masyarakatnya kok kayak kena kutukan gitu ya, manfaat yang dirasakan gak terlalu besar dari setiap anugerah yang diberikan akhirnya salah siapa ?? dan tanya ke siapa ??

Sekarang balik lagi ke quotesnya si jenius Einstein, menurut dia kan pasti ada tuh namanya pertempuran buat orang-orang yang berjiwa besar sama orang-orang berpikiran rendah. Gua analogikan orang yang berjiwa besar itu adalah bangsa gua, bangsa Indonesia. Keadaan bangsa gua ternyata mirip sama yang diomongin Einstein, gua yakin Indonesia adalah bangsa besar dan sekarang lagi bener-bener perang habis-habisan sama yang namanya orang-orang bego yang bisa bikin bangsa gua ini menjadi kecil dan pertempuran itu pasti bakal ada terus sampai sifat jahat manusia dicabut sama Tuhan. Yah itulah analisa gua, terserah lo mau menafsirkannya gimana ?? dibilang nyambung syukur kagak juga gak masalah, tapi gua yakin masih ada seberkas cahaya yang bisa menerangi bangsa gua dan yang terpenting bagi gua Bangsa Indonesia adalah bangsa besar dan gua bangga menjadi salah satu bagian dari bangsa ini, mungkin gua belum bisa banyak berperan tapi dalam hati sanubari gua akan selalu ada perasaan saklek untuk membela bangsa ini dari orang-orang bego sampai darah terakhir..

4 comments:

  1. Chuyennhasgthanhhung.com - dịch vụ chuyển nhà trọn gói Hà Nội - chuyển nhà tại Hà Nội - chuyển nhà trọn gói Thành Hưng. Công ty cung cấp gói giải pháp chuyển nhà số 1 Việt Nam, liên hệ ngay với Thành Hưng để được báo giá nhanh nhất và chính xác nhất.

    Từ khóa chuyển nhà Hà Nội - công ty cung cấp dịch vụ chuyển nhà Thành Hưng:

    #chuyennhasgthanhhung #chuyennhasgthanhhung.com #chuyennhahanoi #chuyennhataihanoi #dichvuchuyennhahanoi #dichvuchuyennhataihanoi #dichvuchuyennhathanhhung #chuyennhatrongoithanhhung #chuyennhatrongoihanoi #chuyennhatrongoitaihanoi #donnhathanhhung #donnhatrongoihanoi #chuyennhagiarehanoi #dichvuchuyennhagiarehanoi


    Hệ thống social chuyển nhà Thành Hưng:

    https://visual.ly/users/vantaithanhhung/

    https://www.pearltrees.com/vantaithanhhung300

    https://500px.com/thanhhung300

    https://dashburst.com/vantaithanhhung/

    https://ko-fi.com/vantaithanhhung

    BalasHapus

  2. Thietkenhadepmoi.vn - công ty thiết kế nhà đẹp uy tín. Thiết kế nhà - thiết kế nhà đẹp mới - thiết kế thi công nhà đẹp - thiết kế xây dựng nhà đẹp - mẫu nhà đẹp mới. Tổng hợp các mẫu nhà mái thái đẹp - mẫu nhà phố đẹp - mẫu biệt thự đẹp sang trọng.
    Liên hệ ngay với công ty Thiết kế nhà đẹp mới để được tư vấn và báo giá miễn phí!

    Từ khóa thiết kế nhà đẹp mới :
    #thietkenhadepmoi #thietkenhadepmoivn #thietkennha #thietkennhadep #maunhadepmoi #thietkennhadepmoi #thietkennhauytin #maubietthudep #maunhamaithaidep #mauthietkenhadep #thietkexaydungnhadep #maunhaphodep #congtythietkenhadep #thietkethicongnhadep #thietkexaydungnhadep #maunhadepmoi #maunhamoi #xaydungnhadep #congtynhadep

    https://medium.com/@thietkenhadepmoivn
    https://dashburst.com/thietkenhadepmoivn
    https://www.vietnamta.vn/profile-57466/
    https://gumroad.com/thiekenhadepmoivn
    https://500px.com/thiekenhadepmoivn

    Website: Thietkenhadepmoi.vn

    BalasHapus

  3. Thietkenhadepmoi.vn - công ty thiết kế nhà đẹp uy tín. Thiết kế nhà - thiết kế nhà đẹp mới - thiết kế thi công nhà đẹp - thiết kế xây dựng nhà đẹp - mẫu nhà đẹp mới. Tổng hợp các mẫu nhà mái thái đẹp - mẫu nhà phố đẹp - mẫu biệt thự đẹp sang trọng.
    Liên hệ ngay với công ty Thiết kế nhà đẹp mới để được tư vấn và báo giá miễn phí!

    Từ khóa thiết kế nhà đẹp mới :
    #thietkenhadepmoi #thietkenhadepmoivn #thietkennha #thietkennhadep #maunhadepmoi #thietkennhadepmoi #thietkennhauytin #maubietthudep #maunhamaithaidep #mauthietkenhadep #thietkexaydungnhadep #maunhaphodep #congtythietkenhadep #thietkethicongnhadep #thietkexaydungnhadep #maunhadepmoi #maunhamoi #xaydungnhadep #congtynhadep

    https://www.wishlistr.com/thiekenhadepmoi
    https://ko-fi.com/thietkenhadepmoivn
    https://weheartit.com/thiekenhadepmoivn
    https://www.deviantart.com/thietkenhadepmoivn
    https://masthead.social/@thietkenhadepmoivn

    Website: Thietkenhadepmoi.vn

    BalasHapus

 
Back to top!