Searching...
16/09/13
02.24

Kisah Bukan Kasih di OBM 2013 - Part 2

Gedung UPP-IPD
Kegiatan OBM 2013 yang gue ikuti kali ini dilakukan selama beberapa hari dan dilaksanakan dalam dua tahap, tahap pertama dilakukan untuk mahasiswa baru jalur undangan yakni dari tanggal 21-27 Juni 2013 dan tahap kedua untuk mahasiswa baru jalur non-undangan yang dimulai dari tanggal 27 Juli sampai dengan 2 Agustus 2013. Selama kegiatan tersebut fungsi gue masih sama sebagai instruktur di dalam kelas dan menyampaikan materi yang sama mengenai sistem IT di UI. Dalam tulisan kali ini gue akan menggambarkan mengenai keadaan selama gue melakukan OBM baik dari materi OBM, fasilitas laboratorium, peserta, dan asisten yang menemani gue selama menjadi instruktur.

Materi OBM
Selama OBM ada beberapa materi yang selalu gue sampaikan kepada mahasiswa baru, secara umum materi tersebut selalu berhubungan dengan IT yang ada di kampus UI. Beberapa materi yang gue sampaikan antara lain :

Akun JUITA (Jaringan UI Terpadu), akun ini adalah akun yang dimiliki oleh civitas akademik UI yang berfungsi untuk mengakses internet melalui sinyal wireless yang bertebaran di setiap sisi kampus dan mengakses sistem intranet di UI. Sehingga dengan adanya akun ini tidak sembarang orang bisa mengakses internet di UI karena dibutuhkan suatu pintu masuk untuk mengaksesnya dan salah satunya adalah akun ini. Akun JUITA secara garis besar sama dengan akun-akun yang digunakan pada sistem internet lainnya, terdapat nama akun dan password. Namun, akun ini memiliki masa berlaku selama enam bulan sehingga bila civitas UI lupa memperpanjang masa berlaku passwordnya maka akun JUITA yang bersangkutan akan diblokir. Lalu bagaimana memperpanjang masa berlaku password ? caranya mudah para civitas akademik UI hanya perlu mengganti password maka secara otomatis akunnya akan diperpanjang untuk enam bulan kedepan.

Proxy, ada yang sudah mengetahui proxy ? kalo belum tahu saya ibaratkan proxy ini semacam pintu masuk untuk seseorang bisa mengkses sinyal wireless, sehingga ketika kita ingin menggunakan sinyal tersebut untuk berselancar di internet salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah mengatur proxynya. Lalu, Bagaimana ? proxy yang ada tergantung lokasi hotspot masing-masing, kalo di UI proxynya adalah 152.118.24.10 dan di kolom no proxy for ditulis *.ui.ac.id;*.ui.edu.

E-mail UI, setiap civitas akdemik di  UI memiliki akun e-mail UI masing-masing. Hal ini berlaku juga untuk mahasiswa baru ketika mereka masuk UI maka secara otomatis mereka akan memiliki e-mail UI. Alamat e-mail masing-masing civitas akademik UI disesuaikan dengan nama akun JUITA masing-masing dan ditambahkan domain @ui.ac.id. Contoh alamat gue, karena nama akun JUITA gue danang.dwi maka alamat e-mail adalah danang.dwi@ui.ac.id

Weblog mahasiswa, UI menyediakan weblog bagi mahasiswanya. Weblog ini bisa di akses melalui situs mhs.blog.ui.ac.id, ketika mahasiswa sudah masuk ke alamat tersebut maka mahasiswa harus menggunakan akun JUITA untuk bisa menulis di blog tersebut. Secara umum blog ini sama seperti blog lainnya hanya saja yang mengelola adalah pihak UI.

Situs-situs UI, selama OBM gue menyampaikan beberapa situs yang ada di UI. Selain memperkenalkan situs-situs UI, gue juga menjelaskan secara sekilas isi dari situs tersebut. Beberapa situs-situs UI yaitu :

  • ui.ac.id : situs umum yang biasa dibuka oleh masyarakat dan situs ini merupakan portal bagi situs-situs lainnya di UI.
  • mahasiswa.ui.ac.id : situs yang wajib dikunjungi oleh mahasiswa UI yang ingin mencari beasiswa karena di dalam situs ini ditampilkan segala macam beasiswa yang terdapat di UI baik yang diberikan oleh pemerintah maupun pihak swasta.
  • lib.ui.ac.id : situs perpustakaan UI, dimana di dalamnya kita bisa melihat koelksi buku yang ada di perpustakaan dan sebagian bisa kita unduh secara gratis.
  • journal.ui.ac.id : situs jurnal UI menyediakan publikasi karya-karya ilmiah yang dihasilkan oleh civitas akademika UI
  • repository.ui.ac.id : situs yang menyediakan publikasi data dan arsip yang ada di UI
  • ovis.ui.ac.id : situs yang meberikan akses ke pengguna untuk melihat koleksi video yang ada di UI, dan bagi dosen, bisa menyimpan video yang dimilikinya dengan menggunakan akun JUITA.
  • youtube.com/uichannel : saluran youtube yang dimiliki oleh pihak UI
Siak NG, aplikasi web yang digunakan untuk menunjang kegiatan akademik di UI dan dapat diakses melalui situs academic.ui.ac.id. Kalo gue analogikan Siak NG ini adalah raport bagi mahasiswa UI, namun raport ini tidak dalam bentuk buku melainkan dalam bentuk aplikasi web. Melalui situs ini mahasiswa bisa melihat nilai-nilai mata kuliah mereka sehingga mereka tidak perlu repot-repot lagi tinggal ada akses internet semua langsung selesai

EDOM (Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa), salah satu metode evaluasi yang digunakan oleh UI agar mahasiswa bisa mengevaluasi sistem pembelajaran dari dosen-dosen yang bersangkutan. metode ini dapat diakses melalui edom.ui.ac.id dan sistem evaluasinya dalam bentuk kuesioner.

SCeLE (Student Center e-Learning Environment), salah satu aplikasi yang digunakan oleh civitas akdemik UI untuk membantu sistema proses belajar yang berbasi IT. Di dalam aplikasi ini mahasiswa dapat berdiskusi, mengunduh materi kuliah, mengumpulkan tugas kuliah dan mengerjakan kuis. Sedangkan dosen bisa memantau aktivitas mahasiswa dan meberikan nilai-nilai dari aktivitas tersebut. Para civitas akademik tersebut dapat menggunakan dan mengakses aplikasi ini dengan memakai akun JUITA masing-masing, situs dari SCeLE adalah scele.ui.ac.id.

Fasilitas OBM
Selama pelaksanaan kegiatan OBM gue melakukan di dua tempat yang berbeda tergantung waktunya. Untuk tahap yang pertama gue menjadi instruktur di gedung perpustakaan lama, meskipun namanya "lama" dan lokasi tidak bersahabat dengan peta akan tetapi kualitas dari tempatnya sangat menjanjikan. Di laboratorium yang diberikan nama ITTC 4 memiliki kualitas yang sangat baik, mulai dari perangkat komputer yang sangat baik hingga ruangan yang nyaman untuk belajar. Saat menjadi intruktur di tempat ini gue hanya mengajar sekitar 10 mahasiswa saja sehingga tidak terlalu sulit ketika proses menyampaikan materinya. Sedangkan untuk lokasi kedua gue menjadi instruktur berada di gedung UPP IPD, salah satu gedung yang terletak di lingkungan FMIPA UI. Bila dilihat dari segi fisiknya gedung ini sudah bisa dikategorikan termasuk dari "golongan tua" sehingga tidak heran bila kualitas dari tempat yang diberikan tidak masuk dalam kategori excellent. Emang kenapa ? ya sebenarnya dari segi fisik perangkat komputer di ruangan gue tidak bermasalah, namun tidak terlalu lancar dari segi koneksi internet. Dalam proses kegiatan OBM beberapa komputer yang digunakan oleh mahasiswa sering mengalami disconnect internet sehingga mengganggu kegiatan. Tidak hanya itu, kualitas proyektor di ruangan gue juga gak terlalu baik yang akhirnya gue harus mengganti proyektor di hari-hari terakhir mengajar OBM. Siapa yang salah atau salah yang mana, entahlah karena kami fasilitator sempat menanyakan kenapa tidak diganti saja ? lalu beliau menjawab "meminta diganti sudah diajukan, namun samapai sekarang belum ada pelaksanaan".   

Peserta OBM
Selama gue menjadi instruktur OBM kali ini, gue melihat ada beberapa sifat mahasiswa baru 2013 dalam mengikuti proses kegiatan OBM. Secara umum mereka antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan menurut pandangan gue kenapa seperti itu ? yah hal ini dikarenakan oleh materi-materi yang gue sampaikan berhubungan dengan sistem IT di UI sehingga mau tidak mau mereka harus mengerti, yah paling minimal bisa mengerti bagaimana mengakses internet di UI. Setiap mahasiswa baru memiliki sifat masing-masing, ketika gue dihadapkan dengan mahasiswa-mahasiswa yang memiliki sifat pendiam maka gue akan bingung, kenapa bingung ? ya misalkan gue tanya sudah mengerti atau belum mereka hanya senyum-senyum sehingga untuk memastikan mereka mengerti gue biasanya selalu mereview kembali materi yang gue sampaikan namun yang melakukan review bukan gue tapi mereka dengan cara gue bertanya tentang kasus-kasus yang berhubungan dengan IT di UI dan mereka menjawab sesuai dengan materi yang gue sampaikan sebelumnya. Lalu kalo gue boleh memilih bertemu dengan tipe mahasiswa yang seperti apa di kelas ? maka gue pilih tipe mahasiswa yang atraktif, karena mahasiswa yang seperti ini nantinya bisa mencairkan suasana di dalam kelas sehingga proses kegiatan menjadi lebih bercahaya tidak redup karena kegiatan OBM ini dilaksanakan dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore dan gue juga tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra dalam mencairkan suasana. Jika gue ambil kesimpulan, mahasiswa baru UI 2013 yang mengikuti kegiatan OBM di kelas gue anaknya baik tidak macam-macam sehingga proses belajar tidak terganggu. Terakhir buat peserta OBM gue doakan semoga kalian bisa survive menuntut ilmu di UI dan impian kalian selama SMA bisa terwujud melalui universitas ini.

Asisten OBM
Misalkan ditanya siapa yang paling berperan selama kegiatan OBM kali ini maka gue akan menjawab adalah para asisten gue karena tanpa mereka gue yakin proses kegiatan tidak akan berjalan lancar, energizer (pemutus kebosanan) ketika keadaan kelas sudah mulai membosankan karena waktu yang cukup lama. Kali ini gue akan memperkenalkan siapa saja yang menjadi asisten gue selama OBM :
Indra, Gue, Maya
para asisten menolong gue untuk membantu para peserta yang kesulitan terhadap materi yang gue sampaikan, mereka juga meberikan masukan kepada gue mengenai performa ketika melakukan presentasi di depan kelas sehingga gue bisa memperbaiki kemabli agar performa gue lebih baik dari sebelumnya, para asisten ini juga yang memiliki banyak ide tentang

Tari, nama lengkapnya Astari Wardiah mahasiswi dari FKM UI, cewek satu ini berasal dari daerah yang cukup jauh karena harus menyebrang pulau yakni di Riau. Tari memiliki energizer yang keren, do'i bisa menceritakan kisah Tono-Tini dan kedua orang tuanya sehingga membuat kita semua menjadi lebih segar karena gerakan-gerakan yang tak terduga dari cerita tersebut.

Ade, salah satu mahasiswa Fasilkom ini pernah melakukan pertukaran pelajar ke Jepang, gara-gara Ade gue bisa tahu kalo status mahasiswa di SIAK NG tidak cuman aktif dan tidak aktif tetapi ada yang lain kalo kita lagi mengikuti kegiatan exchange student. Ade orangnya asik, sangat membantu gue kalo ada beberapa masalah non-teknis ketika proses kegiatan berlangsung.

Indra, satu angkatan sama gue dan sekarang sedang berjuang bareng untuk lulus dari kampus tercinta. Selama OBM Indra selalu membantu ketika ada mahasiswa baru yang sedang kesusahan dan terkadang sambil lirik-lirik kalo ada yang cakep hahaha..

Maya, cewek yang satu ini ternyata berasal dari kota yang sama dengan gue yakni kota Bekasi. Maya adalah mahasiswi dari FE UI, selama OBM dia selalu membantu gue untuk memberi pelatihan terutama pada bagian SIAK NG, karena diantara kami para fasilitator, tampilan SIAK Maya-lah yang layak disajikan ke mahasiswa baru. Selain itu, dia adalah fasilitator yang pernah terkena hukuman ketika sedang melakukan energizer.

Secara keseluruhan kegiatan OBM kali ini merupakan pengalaman baru buat gue dan pantaslah gue bersyukur karena dari kegiatan ini gue mendapatkan banyak pelajaran dan ilmu yang belum pernah gue dapat sebelumnya.

0 comments:

Posting Komentar

 
Back to top!